Daisypath Anniversary tickers

Sunday, October 13, 2013

Tips Memilih Vendor Dekorasi Pernikahan

Hi All! Lama juga ya gak ngisi, abisan sibuk banget. So far, semua vendor buat pernikahan saya nanti udah kepilih sih cuma tinggal bayar2nya aja (hiks...)
Nah, dari semua vendor yg udah saya pilih itu (incl. dokumentasi, catering, venue, dekorasi, souvenir, undangan, dlsb.) yang membuat saya paling puas adalah Janur Kuning sebagai vendor dekorasi. Makanya saya kepingin sharing tips-tips memilih vendor dekorasi buat pernikahan di sini. Karena saya juga kepingin calon-calon pengantin lain merasa puas dalam memilih vendor. Apalagi dekorasi termasuk salah satu yg paling penting :)


1. Yang pertama, tentukan dulu venue dan dekor seperti apa yang diinginkan. Apakah modern, tradisional, atau malah outdoor. Dan mulai browsing2 model pelaminan, rangkaian bunga, gebyok, atau detil lainnya yang disukai. Begitu lihat yang disuka, langsung simpan dalam satu folder di telpon genggam, komputer tablet, atau cukup print warna di kertas A4. Aku malah nemu model pelaminan yg disuka setelah aku membayar tanda jadi ke Janur Kuning. Walhasil mereka memang gak punya kain damask yg kumaksud, untungnya mereka bersedia menyediakan! Yippie :)

2. Begitu sudah mantap soal modelnya, cari tahu soal vendor-vendor dekor yang ada di kotamu. Bisa di forum Weddingku, bisa tanya-tanya teman atau blogwalking. Cari tahu juga soal reputasinya. Jangan sampai berurusan sama vendor yg suka bermasalah. Biasanya, kendala yg dialami saat hari H dengan vendor dekor adalah:
- Pelaminan mencong-mencong (sad but it's true)
- Properti tidak sesuai dengan yg dijanjikan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas
- Bunga tidak segar atau pelit bunga, dll.

3. Kalau dekorasi berbeda dengan catering, sebetulnya lebih baik apabila mereka pernah bekerjasama sebelumnya. Tapi kalaupun tidak pernah juga tidak apa-apa, pastikan saja sebelum resepsi ada technical meeting utk menyamakan warna kain, bunga, dsb.

4. Saat nego, minta bonus kepada mereka. Bonus standar adalah buket bunga, janur kuning (umbul-umbul) dan dekorasi 4 titik bunga di meja akad nikah. Kalau lebih sadis lagi, ada bonus photo booth untuk instant photo. Ohya umbul-umbul alias janur kuning sebaiknya sudah dilengkapi dengan kertas yg diprint nama pengantin dan kemudian dilaminating.

5. Pastikan term pembayaran tidak memberatkan. (kalau saya dengan Janur Kuning, term pembayaran dibagi ke empat pos) 25% total biaya dicicil 4x sampai 100% dari mulai 4 bulan sebelum hari H.

6. Kalau kamu menggunakan jasa Wedding Organizer, mungkin lebih baik pastikan juga bahwa vendor dekorasi dan WO pernah bekerja sama atau sering kerja bareng. Dalam hal ini, aku baca kalau Janur Kuning kerap kali gawe sama WO Senyum Cinta tapi saya sendiri ga sama Senyum Cinta abis mahal bow. Tapi gapapa, saya hanya bisa pastikan bahwa WO saya akan bekerja di hari H dengan tanggap, komunikatif, dan bisa mengatasi kendala apa pun saat hari pelaksanaan :)

7. Pastikan vendor dekorasi kamu berkenan membuatkan sketsa ya. Ini penting untuk gambaran nuansa pernikahan kamu secara garis besar. Nah ini yg bikin aku sempet salut juga sama Safira Maharani Decoration, mereka buatkan aku sketsa komplit saat meeting pertama yang bahkan belum deal apa2!

8. Sebelum deal, sempatkan untuk melihat performance mereka di pernikahan betulan. Lebih baik lagi kalau performnya di gedung kamu. Saat survey ini, jangan lupa bawa kamera. Kali aja ada props seperti standing lamp, standing flower, atau gaya pelaminan yg kamu suka. Tinggal jepret, tunjukkan ke marketing vendor dan tanya kpd mereka, bisa gak membawakan yg sama saat pernikahanmu tiba? :)

9. Tanya juga berapa persen bunga asli dan berapa persen bunga palsu (imitasi). Atau paling tidak, tanyain deh di mana aja spot yg pake bunga palsu (biasanya sih wisteria gantung di atas pergola jalan masuk pengantin harus palsu karena kalau asli airnya bakal netes dari atas dong, gitu kalau kata si Janur Kuning). Kalian juga berhak nanya, berapa persen bunga lokal dan bunga impor. Btw ini nih yg bikin aku sempet naksir sama penawaran Rich Art karena mereka ngasih tau berapa persentase bunga impor dan lokal.

10. Setelah deal dan bayar tanda jadi, pastikan mereka rekam pembayaranmu dengan penulisan kwitansi/bukti pembayaran. Sebagai konsumen yg bijak, simpanlah bon ini baik-baik. Kali aja butuh, sekian dulu dari saya :)

GOOD LUCK, BRIDEZILLAS!

4 comments:

  1. Thank you untuk masukannya mba... :)
    Useful sekali. Berhubung sedang nyari vendor dekor, dan semua printilan nikahan ahirnya nemu blog ini.
    Salam kenal dan semoga acaranya lancar yaaa mba melur ;)

    ReplyDelete
  2. sama sama fetty, semoga sukses ya acara pernikahan nya

    ReplyDelete
  3. Hello ,

    This is shirley from Holiame,Our company mainly produc wedding decoration ,like rhinestone cake topper buckle , rhinestone button and brooch .I want to send you some new design for you referene .but we don't have your email address .If are you interested in them ,pls return to this email .Thanks
    Shirley Holaime Accessories CO.,Ltd.

    www.jewelryfindingsdiy.com
    Address: White mountain east road NO.127.Tonghe ,
    baiyun district ,Guangdong.China
    Tel: 0086-13538939834
    Email: China@jewelryfindingsdiy.com
    Skype: Shirley08gz
    Contact :Shirley Tang"

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat bermanfaat, apalagi buat yang mau ngadain acara pernikahan.. Sukses terus ngeblog nya ya mbak @melur ..

    www.tukangbikinundangan.com

    ReplyDelete

Please kindly give your feedback regarding this post!

Note: Only a member of this blog may post a comment.