Daisypath Anniversary tickers

Friday, October 25, 2013

Tips Memilih Vendor Catering

Hi, all! Aku mau sharing nih tips memilih vendor catering yang mana memang harus dipilih jauh-jauh hari. Pernikahanku sendiri masih Februari 2014 tapi saya udah DP catering dari sebelum Juli 2013. Catering yg saya pilih yaitu Sawargi Catering Services (SCS) dengan berbagai pertimbangan yang mungkin bisa dijadikan wacana juga bagi calon-calon pengantin lainnya:
Chocolate Fountain dari Dwi Tunggal Citra (DTC) : Salah satu catering paling ciamik. Waktu itu saya sempet TF cuma mundur karena mahal banget harganya. Hehehe

  1. Yang pertama harus diperhitungkan adalah: lihat dulu rekanan gedung kalian catering apa aja. Biasanya banyak yg mewajibkan rekanan (mungkin kaitannya dengan kebersihan dan keamanan ya). Makanya kebanyakan orang DP gedung dulu baru kemudian DP catering. Saya sendiri lokasi akad & resepsinya insyaAllah di Masjid Raya Pondok Indah dan venue tersebut rekanan dengan SCS.
  2. Google review tentang catering tersebut. Bisa lewat Weddingku atau Google aja blog orang. Kalau reputasinya sudah terbilang cukup baik, baru deh kamu telepon kantor atau marketingnya untuk menanyakan price list.
  3. Setelah lihat penawaran harga, bandingkan dengan catering lain gak ada salahnya. Tapi harus apple-to-apple (sebanding) ya dari mulai harga dan jumlah porsi. Misal: Catering A harganya 100 juta untuk 1000 tamu. Catering B cuma 80 juta kok, tapi... untuk jumlah tamu 650 orang! Ya berarti Catering B lebih mahal / TIDAK LEBIH MURAH.
  4. Usahakan untuk test food di wedding betulan :) Ini penting untuk mengecek rasa, penampilan dekor dan piranti/perabot/properti makanan, kesigapan pelayanan, tingkat kebersihan dan stabil atau tidaknya kualitas makanan.
  5. Pastikan rasa makanan tradisional maupun internasionalnya dua2nya sama2 enak atau minimal bisa diterima di lidah. Karena padu padan menu lokal dan luar negeri lebih baik sebanding saat resepsi.
  6. Minta sharing Price List (PL) Catering ke calon-calon pengantin lain sah-sah saja. Tapi, harus diingat juga calon pengantin tersebut menerima penawaran harga di TAHUN BERAPA DAN BULAN APA? Harga bensin yg naik per Juli 2013 kemarin berpengaruh besar terhadap harga makanan lho. Jadi jangan disamakan ya :)
  7. Lalu, mungkin saja catering yang sama apabila perform di gedung yg berbeda: harga bisa jadi berbeda. Jadi, sekali lagi price list yang kamu terima dari calon pengantin bukan hanya harus diperhatikan TANGGAL PENAWARAN dan TANGGAL PERNIKAHAN, tapi juga harus diperhatikan GEDUNG atau VENUE-nya :)
  8. Cek juga mereka biasa kerjasama sama vendor dekor siapa, WO siapa, penata busana dan makeup artist / sanggar apa? Atau bagi kalian yang lebih nyaman dengan sistem paket, coba tanyakan juga. Kelebihannya bisa lebih murah. Tapi biasanya yg pesen sendiri-sendiri utk dekor, busana, rias, MC, dll-nya alias TIDAK PAKET, konon relatif lebih bagus dipandang/dirasakan :D
  9. Pastikan saat test food, separuh menu pondokan bisa kamu rasakan karena pondokan itu yang paling cepat habisnya. Penting untuk mengetahui citra rasa pondokan agar tamu tidak ada yg berkomentar jelek.
  10. Jika ada yg dirasa kurang (pelayan kurang sigap atau kebersihan yg kurang terjaga) jangan ragu untuk komplain atau bertanya. Jika mereka kurang tanggap menghadapi keluhan, ya mundur saja. Percaya, masih banyak catering di luar sana! Alhamdulillah, selama berurusan sama SCS complaint saya selalu ditangani dengan baik.
Sekian dulu dari saya. Semoga bisa membantu yang butuh tips dan atau informasi. Last but not least, good luck bridezillas!

6 comments:

  1. Mbak melur, aku bisa minta PL cateringnya? Tolong dikirim ke millatinamulki@yahoo.com Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Haii mba..aku boleh minta PL nya DTC ga..
    kirim ke email dsy.damay12@gmail.com
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi desy, DTC per orang lebih kurang 150,000 rupiah (harga thn 2013)

      Delete
  3. hi mbak..
    bisa minta PL DTC mya ??
    kirim ke rayfagiya@gmail.com
    thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ray, DTC per orang lebih kurang 150,000 rupiah (harga thn 2013)

      Delete

Please kindly give your feedback regarding this post!

Note: Only a member of this blog may post a comment.